10 Makanan Khas Dari Situbondo

10 Makanan Khas Dari Situbondo

 

matsuri-restaurant – Keragaman kuliner Situbondo hampir mirip dengan kuliner khas Madura yang patut untuk dicoba. Inilah daftar makanan khas Situbondo yang wajib Anda coba saat berkunjung.

Kabupaten Situbondo merupakan kota kecil yang menarik banyak destinasi wisata dengan pesonanya yang menawan. Tidak hanya itu, keistimewaan kotanya juga sangat beragam dan rasanya juga sangat menarik. Masyarakat di Situbondo biasanya bergerak di bidang perikanan dan perkebunan. Hasil perikanan dan perkebunan inilah yang menjadi faktor utama munculnya ragam pangan khas yang diidam-idamkan. Berikut rangkaian makanan khas Situbondo yang terkenal enak dan wajib dicoba.

10 Makanan Khas Dari Situbondo

1. Tajin Palapa

Tajin Palapa
Belanga Indonesia

Tajin Palappa adalah salah satu hal yang wajib Anda cicipi saat datang ke Situbondo, Jawa Timur. Tajin Palappa berasal dari Madura. Dalam bahasa daerah Madura, Tajin melambangkan bubur, sedangkan Palappa melambangkan Bumbu. Keistimewaan khas Madura ini dapat jadi kuliner khas Kabupaten Situbondo, sebab beberapa besar masyarakatnya telah berimigrasi dari Pulau Madura.

Berbeda dengan bubur ayam biasa, bubur ini sama sekali tidak menggunakan ayam suwir, melainkan dilengkapi dengan sayuran. Tajin Palapa biasanya disajikan dengan bayam rebus dan tauge, lalu di atasnya diberi selai kacang tipis. Tajin Palapa semakin nikmat jika disantap dengan bakwan goreng dan sambal. Cara makannya, pertama tuang bubur ke dalam mangkok, tambahkan kangkung dan tauge, lalu tuangkan bumbu pecel, dan terakhir tambahkan irisan bakwan.

Makanan tradisional yang telah diwariskan secara turun-temurun ini menjadi salah satu menu sarapan wajib bagi warga sekitar. Di Situbondo sendiri, pedagang kaki lima menjual Tajin Palappa di pinggir jalan. Jika Anda pernah ke Situbondo, Anda akan menemukan banyak pedagang di Jl. Kenanga (Jenanga) Sendavasi, Jl. Semeru dkk. Anda juga bisa menemukan Tajin Palapa saat pemerintah daerah Situbondo mengadakan festival makanan.

Baca Juga : 6 Masakan Sunda yang Terkenal Enak

2. Nasi Karak

Nasi Karak
cookpad.com

Gresik pada awalnya kesulitan menemukan banyak makanan tradisional. Salah satunya adalah Nasi Karak yang merupakan makanan khas Gresik dan jarang dijual. Penjual nasi karak tersebar di seluruh pelosok desa, terutama di utara Gresik. Biasanya para penjual nasi karak hanya bisa menemukannya beberapa jam saja.

Mendengar Nasi Karak pasti ingat bahwa itu adalah nasi yang hampir basi, yang kemudian dikeringkan dan diolah kembali yang biasa disebut dengan nasi. Namun, jika Anda ke Gresik, bukan itu yang akan Anda temukan. Anda akan menemukan nasi merah yang dipadukan dengan kelapa parut, poya (sarendon) yang lezat dan lauk tempe. Nasi Karak hanya bisa didapatkan di pagi hari karena Nasi Karak merupakan menu sarapan khas Gresik.

Ada dua jenis Karak. Pertama, karak putih dibuat dari nasi yang diberi sedikit jeruk nipis, sirih dan air garam, kemudian dimasak seperti nasi. Kedua, karak hitam, tambahkan campuran ketan hitam ke dalam nasi hitam, dan tambahkan garam. Agar lebih nikmat, biasanya ditambahkan daun pandan pada saat memasak.

Untuk lauk pauk, Nasi Karak biasanya disajikan dengan godho tempe, belut bali, kelapa parut dan poya. Coba kacang jenis ini eh saat sedang terpanas. Jangan lupa untuk menikmati pemandangan cabai dari atas agar waktu sarapan Anda semakin menyenangkan.

3. Bakso Tekwoleh

Bakso Tekwoleh
JawaPos.com

Masakan bakso tidak akan pernah mati. Ada bakso petasan, bakso anak-anak, dan bakso baby head sekarang. Itu Bakso Tekwoleh. Lokasi gudang bakso Imam Khosnan memang tersembunyi. Letaknya di sebelah masjid kecil di bawah pohon sakura di sebuah desa kecil di Kabupaten Situbondo. Desa ini tidak sepenuhnya dekat dengan kota. Padahal, jarak dari pusat Santry lebih dari 30 kilometer. Bakso Tekwoleh terletak di Desa Jatibanteng di Kecamatan Besuki. Jika Anda melakukan perjalanan dari Surabaya ke Bali melalui jalan darat, pastikan untuk berbelok ke kanan saat mencapai Besuki Square.

Baso Tekwoleh dibuat tanpa bumbu apapun dan berisi iga sapi cincang yang sangat nikmat. Sekitar 20 menit dari alun-alun, Anda akan melihat gudang bakso di sisi kanan jalan. Mobil dan motor tertata rapi. Tidak peduli seberapa jauh itinerarynya, masakan Bakso Tekwoleh yang lezat akan menarik para pecinta gourmet.

Ya, Bakso Tekwoleh bukan di jalan utama Pantai Utara, yaitu Pantura. Berawal dari jalur legendaris yang menghubungkan Anyer-Panarukan, jaraknya masih sekitar 15 kilometer. Gudang juga memiliki dinding bambu dengan meja dan kursi sederhana. Namun yang istimewa dari masakan ini adalah bakso. Ada tiga varian bola, dan ukurannya berbeda. Yakni bakso pertama, kedua dan ketiga. Yang ketiga adalah yang terkecil. Diameter bakso sekitar 7 cm. Sama seperti kebanyakan bakso.

Untuk yang kedua, diameternya sedikit dinaikkan. Sekitar 10 cm. Tetelan alias iga cincang sudah dimasukkan ke dalamnya. Setelah dipotong-potong, aroma tetesan air memenuhi udara. Bikin ahlinya mau langsung mengkonsumsinya. Tapi tolong tunggu sebentar. Masih ada bakso pertama. Bakso ini merupakan permukaan warung milik bapak empat anak ini. Diameternya mencapai 13 cm. Yang terbesar dari jenisnya. Isi dengan lebih banyak tetesan air. Bakso yang melindunginya juga lebih tebal. Karena ukurannya yang besar, banyak orang menyebut bakso nomor satu dengan “Bakso Kepala Bayi”.

4. Nasi Sodu Situbondo

Nasi Sodu Situbondo
Suara.com

Nasi sodu situbondo yang legendaris, ludes terjual pada jam 8 pagi Sekilas penampilan masakan ini terkesan tidak istimewa. Nasinya ada sedikit kuahnya, seperti disiram dengan sayur, diikuti ikan dan biskuit, sebagai pelengkap hidangan pesta. Nah dari luar sudah jam 11.12 ini masakan rumahan yang sering kamu lakukan.

Namun, jika Anda tahu bahwa ini adalah hidangan unik dan terkenal dari Situbondo yaitu Nasi Sodu, Anda mungkin akan terkejut dengan rasanya, dan jika Anda telat, Anda bahkan tidak boleh memakannya. Wah, saya mulai bertanya-tanya, seberapa enak rasanya? Ia mengatakan, ekspor beras Sodu ini hanya bisa bertahan selama 5 jam. Kalau ada lagi, kita pembantu, ya tidak akan kita dapatkan, artinya laku.

Masyarakat setempat menyebutnya “Nase Sodu” atau “Nasi Sodu” yang merupakan kuliner khas Desa Awar-awar, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dengan cita rasa yang khas. Di Desa Awar-awar, beras biasanya dijual di jalur Asembagus Pantura (sekitar 20 kilometer sebelah timur kota Situbondo). Guideku yang dikutip dijual sejak subuh kabarnya mulai sekitar pukul 08.00, nasi sodu sudah habis.

Sekilas rasanya mirip dengan lodeh yaitu nasi yang diolah dengan santan kental, ditaburi tauge muda, wortel cincang, buncis dan sambal terasi, serta terasi Situbondo. Nasi sodu sangat cocok disantap dengan ikan tuna.

5. Sate Lalat

Sate Lalat
KSMTour.com

Apakah Sate Lalat terbuat dari daging terbang? tentu saja tidak. Masakan dengan nama unik ini sebenarnya terbuat dari daging ayam yang dipotong kecil-kecil. Potongan kecil daging adalah asal muasal kelezatan lezat yang disebut Sate Lalat ini. Cara pembuatannya hampir sama dengan sate biasa. Namun masyarakat Situbondo menggunakan formula khusus yang menghasilkan rasa yang lebih asin.

Layaknya jajanan sate pada umumnya, santapan ini juga ditemani tequila dan sambal khas yang semakin menggoyang lidah setiap orang yang mencicipinya. Jika tertarik mencoba jajanan ini, banyak sekali pedagang yang menjajakan sate di Jalan Argopuro. Di sana, kamu akan menemukan salah satu warung yang menjual jajanan Sate Lalat dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca Juga : 8 Resep ,Makanan Pedas Modern, Enak dan Mudah Dibuat

6. Rujak Cingur Situbondo

Rujak Cingur Situbondo
Pinterest

Padahal, masakan rujak cingur bisa ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Sayangnya, sebagian orang tidak menyukai cengkeh yang terbuat dari lidah sapi. Meski begitu, banyak orang yang masih menyukai masakan rujak cingur khas Situbondo. Bahkan beberapa turis mancanegara dari berbagai negara menyukai jajanan Rujak Cingur yang selama ini dikenal luas dengan rujak versi Indonesia.

Masakan cingur rujak biasanya terbuat dari mangga, ketimun, ubi, kedondong, kangkung, tauge, kacang-kacangan, tahu, nanas, belimbing dan bahan lainnya. Kemudian rebus beberapa sayuran dan taburi bumbu selai kacang. Jangan lupa tambahkan cengkeh segar agar semakin menggugah selera. Suku cadang rujak cingur dibandrol dengan harga yang bervariasi dan tentunya sangat terjangkau.

7. Nasi Acak Adut

Nasi Acak Adut
PergiKuliner.com

Nasi Random Adut merupakan salah satu jajanan yang tak kalah unik dan patut untuk dicoba selama berada di Situbondo. Karena tampilannya yang semrawut, dinamakan Random Adut. Pasalnya, jajanan jenis ini banyak menggunakan lauk pauk, seperti ayam kecap, tahu goreng, pisang, pieti terong, dan lauk pauk lainnya. Meski terlihat berantakan, masakan ini memiliki rasa yang sangat enak.

Jika Anda mencari nasi adut acak, Anda bisa mengunjungi warung di Panarukan di Situbondo. Di sana, Anda akan mendapatkan satu kopi Nasi Random Adut yang mengenyangkan dan menggoyang lidah. Harga setiap porsi makanan khas Situbondo juga sangat ekonomis. Selain itu, makanan jenis ini juga sangat cocok dijadikan sebagai menu makan siang.

8. Ikan Bakar Asap Khas Situbondo

Ikan Bakar Asap Khas Situbondo
LokalKarya

Ikan bakar asap merupakan jangkar khas Asembagus, dan Situbondo menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk menginap disana untuk berwisata kuliner. Banyak pemilik warung di sana menggunakan kompor tradisional berupa tumpukan batu bata, menggunakan sabut kelapa untuk dibakar, sedangkan standnya masih menggunakan daun kelapa yang sangat tradisional. Namun, ternyata warung-warung yang berada di samping pintu masuk jurusan transportasi pelabuhan jangkar ini sudah cukup dikenal oleh wisatawan domestik, terutama para pecinta masak dan wisatawan ikan bakar.

Banyak orang yang mengakui bahwa ikan bakar sangat enak. Hal ini dikarenakan proses pembakaran menggunakan asap pembakaran dari tempurung kelapa, dan tidak ada api selama proses pembakaran ikan, bahkan jika api mulai menyala, pemilik akan segera memadamkan apinya. Hal inilah yang membuat ikan asembagus asap asli memiliki rasa yang berbeda dengan ikan asap bakar di tempat lain, meskipun ikan tersebut dibakar tanpa bumbu, ikan tersebut hanya bisa dibersihkan, diiris dan dibuang.

Sentra bisnis ikan asap Situbondo tersebar di distrik Asembagus. Namun yang terbesar berada di kawasan sekitar pelabuhan Jangkar. Ikan olahan tidak terbatas pada bandeng saja, tetapi juga mencakup hampir semua jenis ikan yang ditangkap dan dibudidayakan di laut, seperti ikan nila, lele dan tuna.

Berbeda dengan ciri khas desa pada umumnya, hampir setiap rumah penduduk di tempat ini memiliki cerobong asap yang menyala. Beberapa cerobong asap terbuat dari besi, tetapi ada juga yang terbuat dari campuran bata merah, pasir dan semen. Setiap cerobong mengeluarkan asap putih, terkadang asap hitam. Hembusan merepresentasikan aktivitas penghuni rumah di depan oven. Itu dengan cepat bertabrakan dengan batubara kemerahan, dan akhirnya berubah menjadi hitam menjadi arang.

9. Nasi Kaldu Khas Situbondo

Nasi Kaldu Khas Situbondo
cookpad.com

Sop nasi situbondo juga menjadi makanan khas situbondo yang wajib dicoba. Jajanan ini bercirikan warna coklat dari kuahnya. Kuahnya yang kental dituangkan ke dalam sepiring nasi agar terasa asin dan gurih. Pada umumnya high tommy biasanya disantap bersama biskuit lain agar lebih nikmat. Camilan ini juga sangat cocok sebagai set makan siang.

Warung-warung yang menjual kaldu nasi ini sangat umum di Situbondo. Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah mencicipi makanan khas Situbondo. Untuk bagian nasi kuahnya, harganya sangat terjangkau, hanya sekitar empat ribu saja. Efek visual dari masakan ini hampir mirip dengan nasi kari, hanya saja ditambahkan sedikit kacang hijau yang dimasak ke dalam kuah situbondo.

10. Ayam Goreng Khas dari Situbondo

Ayam Goreng Khas dari Situbondo
Java Travel

Ayam goreng merupakan salah satu makanan yang banyak ditemukan di berbagai daerah. Jajanan ini sudah menjadi makanan utama masyarakat Indonesia. Di Situbondo, Anda akan menemukan masakan masakan kecambah ayam goreng khas Situbondo. Biasanya ayam yang digunakan adalah ayam lokal pilihan, sehingga bisa menyerap bumbu secara maksimal.

Agar liburan semakin berkesan, sebaiknya nikmati kuliner khas di suatu daerah. Saat mencicipi salah satu makanan lezat tersebut, secara tidak langsung akan menambah wawasan dan pengetahuan tentang keragaman masakan Indonesia. Meskipun Situbondo adalah kota kecil, ada berbagai makanan ringan dan makanan khas di daerah tersebut, tetapi saya melewatkannya.