Wed. Oct 5th, 2022

12 Makanan Jalanan Yang Harus Dicoba Dengan Harga Terjangkau – Anda mungkin berpikir bahwa semua restoran di Tokyo adalah restoran eksklusif berperingkat tinggi dalam Panduan Michelin. Tapi ini tidak benar. Mengapa Anda tidak berjalan-jalan di pinggir jalan yang ramai atau festival musim panas di Tokyo? Anda dapat menemukan berbagai macam makanan jalanan yang terjangkau tetapi lezat.

12 Makanan Jalanan Yang Harus Dicoba Dengan Harga Terjangkau

matsuri-restaurant – Tokyo Street Food memperkenalkan makanan jalanan dengan tiga kategori Makanan Ringan, Permen, dan Makanan Populer di Festival Musim Panas. Area makanan jalanan yang kami rekomendasikan akan membantu Anda menemukan tempat yang tepat seperti pasar dan jalan perbelanjaan untuk dinikmati Harus mencoba makanan jalanan.

Makanan Jalanan Tokyo Esensial Camilan

Camilan jalanan dapat dilihat di area pejalan kaki utama di sekitar stasiun kereta api, kuil/kuil atau stadion bisbol. Pada festival penjual makanan turun ke jalan, mendirikan kios yang disebut Yatai, memasak di tempat dan menyajikan jajanan kaki lima. Terpikat oleh bau jajanan pinggir jalan, penduduk setempat membeli makanan favorit mereka dan makan sambil berdiri atau duduk di bangku. Essential Tokyo Street Foods memperkenalkan 6 makanan ringan yang wajib dicoba di Tokyo.

Takoyaki

Harga tipikal : sekitar 400yen hingga 600yen untuk 8 buah

Takoyaki bisa dimakan di mana saja di Tokyo. Tako dalam bahasa takoyaki artinya gurita dan yaki artinya dipanggang. Takoyaki adalah pangsit berbentuk bola dan berukuran gigitan yang terbuat dari adonan yang dibumbui dengan isapan panggang, berisi sepotong kecil gurita di tengahnya. Takoyaki akan menjadi renyah di luar dan lembut, lengket di dalam saat dipanggang.

Setelah adonan siap, membuat Takoyaki hanya dalam hitungan menit. Pertama-tama masukkan adonan ke dalam hotplate khusus bentuk takoyaki, dan putar adonan dengan pick saat memasak agar takoyaki berbentuk bola. Setelah adonan menjadi cokelat keemasan di sekelilingnya, ambil setiap Takoyaki dari wajan dan letakkan di atas piring. Terakhir, masukkan saus takoyaki yang rasanya sangat mirip dengan saus Worcester, mayones, dan taburi bejana kering dan serpihan bonito di atasnya.

Pasti menyenangkan untuk mengamati penjual Takoyaki dengan terampil membalik bola Takoyaki dengan pick dengan langkah cepat. Takoyaki disajikan masih panas di piring kertas menyerupai perahu kecil. Biarkan agak dingin dan nikmati panas, berhati-hatilah agar tidak membakar mulut Anda. Cobalah camilan super populer yang diciptakan oleh orang Jepang ini dan Anda pasti akan ketagihan, tidak diragukan lagi.

Okonomiyaki

Harga tipikal: sekitar 600yen hingga 800yen

Okonomiyaki bisa dimakan di mana saja di Tokyo. Okonomiyaki adalah sejenis kue pan yang terdiri dari adonan dan kol. Biasanya diisi dengan gurita, udang, babi, regu, okonomiyaki bisa di tata dengan bahan lainnya. Karena ini tidak manis, deskripsi Okonomiyaki yang lebih akurat mungkin adalah pizza.

Adonan Okonomiyaki biasanya terbuat dari tepung terigu, parutan bengkuang, air atau dashi, telur dan dicampur dengan irisan kol. Bahannya bisa berbeda-beda tergantung selera pelanggan, tapi biasanya daun bawang, daging, gurita, cumi, atau udang. Toppingnya adalah saus okonomiyaki mirip dengan saus Worcestershire, mayones, rumput laut kering yang disebut aonori, serpihan bonito kering.

Baca Juga : 10 Restoran Mie Ramen Terbaik Yang Ada Di Tokyo

Beberapa restoran Okonomiyaki memiliki meja makan yang dilengkapi dengan wajan besi dan pelanggan disuguhi bahan untuk memasak makanan sendiri. Pertama, campurkan adonan dengan bahan-bahan agar semuanya merata. Tuang campuran ke dalam wajan panas dan bentuk adonan menjadi lingkaran dengan spatula logam pendek.

Setelah satu sisi okonomiyaki cukup matang, balikkan ke sisi lainnya. Setelah kedua sisi matang, tambahkan saus okonomiyaki dengan kuas dan mayones dalam garis zig-zag. Taburkan bonito serut yang disebut katsuobushi, dan aonori, rumput laut hijau kering. Okonomi berarti “Sesuka Anda”, sehingga Anda dapat mengaturnya dengan bahan favorit Anda seperti kue beras dan keju.

Ikayaki

Harga tipikal: sekitar 500 yen

Ikayaki adalah cumi panggang yang empuk dengan teriyaki atau kecap atau terkadang anggur beras, pasta miso, dan jahe. Ikayaki menjadi lebih enak karena setengah kering karena rasa yang pekat dan menjadi lebih kuat setelah dehidrasi. Ikayaki lebih umum dijual oleh pedagang kaki lima di sekitar kuil & kuil, di festival lokal dan pasar ikan. Di stan yang disebut yatai, para penjual dengan cepat memanggang cumi-cumi tebal berukuran sedang-langka di atas api arang dengan garam.

Setelah siap di panggangan, Ikayaki yang kenyal dan berasap disajikan dalam potongan-potongan kecil atau potongan utuh yang ditusuk. Ikayaki kenyal dan lengket dengan tekstur yang unik. Orang Jepang percaya bahwa semakin banyak kita mengunyah Ikayaki, semakin enak rasanya. Ikayaki cocok dengan mayones dan cabai.

Yakisoba

Yakisoba adalah hidangan mie tumis Jepang dengan daging babi dan sayuran cincang halus seperti kubis, bawang, tauge dan wortel.
Kemudian dibumbui dengan saus yakisoba yang mirip dengan saus Worcestershire, aonori (bubuk rumput laut), beni shoga (acar jahe yang diparut), danau ikan bonito atau mayones ala Jepang. Beberapa dibumbui dengan kecap atau hanya garam. Yakisoba muncul pada tahun 1930-an dan menjadi camilan populer anak-anak di toko permen dan kemudian dimasak di rumah dan pengunjung Jepang.

Sebagai makanan jalanan yang populer, Anda dapat menemukan Yakisoba yang dijual di kios-kios di festival atau pasar super. Yakisoba sangat mudah dibuat dan bisa juga dibuat di rumah. Keluarga berkumpul di sekitar hot plate dan memasak yakisoba bersama menggunakan mie yakisoba dan bahan-bahan dari kulkas saat makan siang. Anda dapat membuat Yakisoba dalam gaya Anda menggunakan favorit Anda. Cobalah dengan makanan laut atau tanpa daging dalam gaya vegetarian.

Yakitori

Harga tipikal: 100-200 yen per item

Yakitori adalah tusuk sate ayam panggang yang mudah ditemukan di Yakitori-ya khusus, bar izakaya, dan kios di festival lokal.
Banyak restoran dan kios menawarkan piring dengan berbagai jenis yakitori. Saat memesan Yakitori kita bisa memilih saus yakitori yang manis dan gurih atau garam untuk bumbu Yakitori.

Yakitori berasal dari berbagai bagian ayam, seperti dada, paha, kulit, hati dan lain-lain seperti di bawah ini:

  • Negima terdiri dari daging paha dan potongan daun bawang di stik.
  • Momo berarti daging paha dan terbuat dari potongan paha ayam.
  • Tsukune adalah bakso yang terbuat dari ayam cincang, telur, sayuran, dan rempah-rempah.
  • Torikawa adalah potongan kulit ayam yang dipanggang hingga garing.
  • Tebasaki adalah sayap ayam yang dipanggang hingga berwarna cokelat keemasan.
  • Reba adalah hati ayam dan dinamai dari bahasa Jerman untuk hati.
  • Nankotsu adalah tulang rawan dari tulang lunas di antara dada ayam. Tulang rawan memiliki tekstur yang renyah dan mengandung banyak kolagen.

Menchi Katsu

Harga tipikal: sekitar 250-300 yen per 1 buah.

Menchi Katsu sering disajikan dalam kotak makan siang bento murah, dan juga disajikan sebagai camilan jalanan di toko daging seperti “Sato” di dekat stasiun JR Kichijoji. Menchi katsu adalah campuran daging sapi cincang dan daging babi, irisan bawang bombay, bubuk, telur dan dilapisi tepung roti sebelum digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Begitu digigit, rasa juicynya meresap ke dalam mulut.

Toko daging Sato Kichijoji sangat populer sehingga toko ini kehabisan menchi katsu pada sore hari setiap hari. Sato berjarak beberapa menit berjalan kaki dari stasiun JR Kichijoji, dan sangat populer di kalangan penduduk setempat.Karena Anda harus membuat antrean panjang, jadi sebaiknya Anda berkunjung pada pukul 10:30-12:00. Menchi katsu Sato sederhana dan lezat karena berair dan manis dalam kombinasi daging dan irisan bawang dan patut dicoba.

Orang Jepang menyukai makanan manis seperti Taiyaki dan Ningyoyaki dan dapat dibeli di seluruh Jepang. Taiyaki dan Ningyoyaki biasanya diisi dengan pasta kacang merah manis yang disebut anko. Tapi kita tahu pecinta manis tidak selalu pecinta anko.
Saat ini Anda dapat memilih yang diisi dengan cokelat atau custard. Selain manisan isi anko, artikel ini memperkenalkan pengana jalanan seperti Mitarashi-dango, Crapes, dan ubi manis Daigakuimo yang tidak terlalu manis.

Mitarashi dango

Harga khas: sekitar 100-150 yen per satu tusuk sate

Mitarashi Dango dapat disantap di daerah shitamachi yang bernostalgia seperti Asakusa dan Shibamata. Pangsit nasi bulat kecil yang ditusuk di atas batang bambu dilumuri saus cokelat berbahan dasar kecap manis yang lengket. Biasanya tiga hingga lima pangsit ditusuk. Mitarashi dango dipanggang untuk mendapatkan sedikit arang dan agak manis, tidak terlalu manis dengan kombinasi manis dan asin yang baik.

Mitarashi dango berasal dari kue beras yang dibuat sebagai persembahan untuk dewa di kuil terkenal di Kyoto. Mitarashi dango kemudian dijual di pedagang kaki lima di sekitar kuil dan akhirnya di supermarket, toko serba ada dan toko manisan khusus di seluruh Jepang. Mitarashi dango cocok dengan teh hijau Jepang panas.

Kain krep

Kisaran harga: sekitar 300-600 yen per potong

Crepe dapat dimakan terutama di daerah Harajuku dan Akihabara. Crepe pertama kali muncul sebagai jajanan kaki lima di kawasan Harajuku-Shibuya Tokyo pada akhir 1970-an. Saat ini jalan Takeshita di Harajuku masih terkenal dengan banyak toko krepnya. Crepe diisi dengan whipped cream, buah-buahan musiman dan sirup manis dan dibungkus dengan kertas tipis, sehingga mudah dipegang dan dimakan tanpa disentuh oleh jari.

Crepes Jepang cenderung mengandung lebih sedikit gula daripada makanan penutup barat karena Jepang adalah negara yang sadar akan kesehatan di mana gadis dan wanita muda ingin menjadi langsing. Sebaliknya ada banyak jenis topping seperti buah-buahan musiman segar termasuk stroberi, melon, jeruk, anggur, berry, es krim teh hijau matcha Jepang, dan puding. Karena Jepang memiliki empat musim yang jelas, topping berbeda secara musiman seperti stroberi di musim semi, dan kuri, kastanye di musim gugur. Sementara topping kacang secara efektif digunakan tersedia sepanjang tahun, kuri, chestnut adalah bahan musiman yang populer di musim gugur. Crepe lucu, fotogenik, dan sangat cocok untuk budaya Kawaii Jepang.

Ningyo-yaki

Harga tipikal: sekitar 500 yen per 7 pcs

Ningyo-yaki dapat dimakan terutama di daerah Asakusa di mana Anda dapat melihat prosedur pembuatan Ningyo-yaki. Karena Ningyo adalah kata Jepang untuk boneka, Ningyo yaki adalah kue kecil yang dipanggang dalam cetakan kecil berbentuk seperti boneka dan diisi dengan pasta kacang anko yang manis. Ningyo yaki adalah suvenir yang populer dan lembut seperti panekuk dan juga menyenangkan untuk menemukan berbagai bentuk yang dibuat di toko yang berbeda. Ada Ningyo-yaki yang berbeda di setiap atraksi lokal.

Di kuil Sensoji di Asakusa, toko-toko di jalan Nakamise menjual kue kecil berbentuk pagoda lima tingkat, dan lentera besar dari gerbang petir Kaminarimon.Saat ini selain mochief tradisional ada kitty, doraemon dan Ningyo yaki berbentuk lucu lainnya. Ningyo-yaki disimpan selama beberapa hari, jadi harus menjadi suvenir yang bagus. Kecuali jika Anda menyukai pasta kacang merah anko yang manis, Anda dapat memilih yang diisi dengan cokelat dan custard. Ningyo-yaki cocok dengan kopi dan teh hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.