6 Masakan Sunda yang Terkenal Enak

6 Masakan Sunda yang Terkenal Enak

6 Masakan Sunda yang Terkenal Enak

6 Masakan Sunda yang Terkenal Enak
Candi.id

Masakan Sunda –  Menu sunda menjadi salah satu menu kesukaan keluarga Indonesia sebab rasa asinnya yang khas. Lebih lezat lagi makan dengan nasi putih!

keenakan khas suku jawa barat ini tidak hanya memiliki rasa yang asin, tetapi juga memiliki rasa yang asin, pedas dan asam yang segar.

Penduduk Jawa Barat dikenal dengan gaya hidup pertaniannya, dan mereka terkenal dengan kulinernya yang lezat yang terbuat dari hasil pertanian seperti beras dan sayur mayur. Dan Dan Specialty terkenal dengan bahan-bahannya yang sederhana dan mudah digunakan untuk hidangan Sun Dan sehari-hari.

Dan Dan juga suka sambal dan lalapan. Makan berbagai sayuran seperti sambal dan lauk mentah, seperti terong hijau, leunca, dan kemangi.

Nah, berikut ini menu masakan Sun Dan yang enak dan simpel yang pasti akan disukai banyak keluarga.

1. Nasi Timbel

Nasi Timbel
Wikipedia, ensiklopedia bebas

matsuri-restaurant – Nasi timbal adalah nasi biasa. Di masa lalu, perempuan mengambil alih tangan laki-laki yang bekerja di satu atau lebih bidang. Tentunya menu-menu tersebut biasanya disantap saat orang lapar setelah pulang kerja, dengan nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Bentuknya agak bulat dan lonjong, hampir mirip lontong. Seperti yang Anda lihat pada lontong atau ketupat, hanya nasi yang dibungkus daun pisang yang tidak memiliki lidi.

Cara pembuatannya adalah dengan merebus nasi. Kemudian angkat nasi. Jika sudah panas, nasi dibungkus dengan daun pisang yang berbentuk botol, lebih bulat dan lonjong. Beras yang dihasilkan jelas lebih lembut. Akibat pemakaian daun pisang lebih awal, aromanya menjadi lebih harum. Saat dimakan pada siang hari, nasi timbal menjadi lebih nikmat. Dalam penggunaannya, nasi jenis ini tentunya membutuhkan lauk pauk. Lauk pauk yang biasa disandingkan dengan nasi adalah tahu dan tahu. Beberapa orang bahkan menggunakan ayam untuk menghabiskannya.

Tidak hanya itu, tetapi juga sayuran dan kegunaan lainnya. Dengan cara demikian, penggunaan lalapan menjadi suplemen yang sempurna. Malah jika dipadukan dengan sambal, semakin istimewa. Saus sambal ini tentu saja buatan sendiri. Rasa sambalnya yang pedas membuat nasi makaroni ini semakin nikmat. Tak heran, orang yang mencicipinya akan suka menambahkannya. Perlu anda ketahui bahwa nasi timbel ini sebenarnya adalah bekal nasi yang dibawa ke sawah atau persawahan. Tentunya, beras jenis ini banyak ditemukan di daerah-daerah petani di Nusantara. Selain di Purwakarta, beras jenis ini juga banyak dikenal di daerah sunda. Nasi seperti ini memiliki banyak kesamaan. Kemiripan tersebut terlihat dari penggunaan daun pisang sebagai kertas pembungkus. Kemiripan juga terlihat pada penggunaan lauk pauk.

Di Nahhh di Warung Dulukala, menu Timbel disebut “TITIMBELAN”. Mulai 20.000 ++, Anda sudah bisa menikmati menu Titimbelan. Titimbelan adalah menu dimana Anda bisa memesan Nasi Timbel, serta aneka nasi dan lauk pauk. Mulailah dengan Timbel Putih, Merah, Tutug Oncom dan Liwet. Untuk lauk pauknya, bisa pilih mau ayam bakar / kremes, gepuk, kremes / nila bakar, ikan mas goreng dan nasi campur. Menu ini juga termasuk tahu, tempe mendoan dan teh segar gratis serta sambal lalab. Wah, benarkan? Yuk, mampir ke Warung Dulukala sekarang!

2. Nasi Liwet Sunda

Nasi Liwet Sunda
Pinterest

Bagi masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang wajib disantap oleh setiap orang di Indonesia. Biasanya nasi dimakan dengan beberapa lauk sebagai penghias piring Anda.

Nasi merupakan salah satu makanan yang paling mudah dibuat, mulai dari nasi goreng, nasi udon, nasi bakar hingga nasi manis. Keberadaan Nasi Liwet memang sedang trend dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Jika ke daerah solo pasti akan menemukan penjaja nasi kecil.

Liwetan merupakan makanan alternatif yang memakan daun pisang dan bisa disantap bersama. Lauk pauk, nasi dan berbagai aksesoris diletakkan di atas daun pisang dan biasanya dimakan dengan tangan.

Tak hanya itu, ternyata nasi dangkal juga bisa ditemukan di kawasan Sunda. Tahukah anda sejarah dan perbedaan Nasi Liwet Solo dan Nasi Liwet Sunda? Bagi yang belum tahu, Anda tidak perlu khawatir, karena kami akan membantu Anda menjelaskannya kepada Anda.

Nasi Liwet merupakan makanan khas di beberapa daerah di Indonesia (khususnya di pulau Jawa). Meski dengan terminologi yang sama, ternyata nasi liwet di satu daerah berbeda dengan nasi liwet di daerah lain.

Nasi liwet Solo berasal dari desa Menuran di Sukoharjo, Jawa Tengah. Di kampung itu, warga membuat bihun sendiri untuk konsumsi pribadi, lalu menjualnya ke warga Solo. Pada tahun 1934, Nasi Liwet mulai berjualan di luar Solo yang menarik banyak orang dan menjadi makanan mereka.

Nasi Liwet adalah kota solo tradisional berupa nasi asin yang dimasak dengan santan seperti nasi lemak, kemudian disajikan dengan labu siam, potongan kecil ayam dan pasta kacang merah (semacam bubur kelapa), dan sepiring yang terbuat dari daun pisang. . Di solo, Nasi Liwet dijajakan ibunya setiap pagi, atau dijual di bilik mobil.

Untuk memasak Nasi Liwet Solo, Anda perlu menggunakan santan dan nasi. Nasi Liwet Solo biasanya memiliki tekstur dan aroma yang sama dengan nasi uduk, namun lauk yang disediakan tentunya berbeda.

Nasi liwet sunda berasal dari masyarakat perkebunan yang melengkapi sawah untuk makanan setiap pagi hingga sore. Agar nasi tetap hangat, angkat nasi dengan ketel atau alat masak yang bisa ditutup rapat.

Nasi liwet sunda menggunakan berbagai macam bumbu seperti garam, bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, lengkuas, cabai, santan, minyak kelapa dan ikan asin. Segera campurkan semua bahan ini sambil merebusnya menjadi dua.

Kenapa nasi liwet sunda tidak menggunakan santan saat memasak? Semua itu terjadi karena letak geografis sebagian besar perkebunan di tanah Sunda, sehingga jauh dari pantai tempat produksi kelapa.

Berbeda dengan Nasi Liwet Solo yang ditujukan untuk dijual, nasi liwet Sunda lebih ditujukan untuk diberikan kepada orang yang bekerja di kebun.

Jika Anda ingin mencicipi nasi khas Solo atau Sunda, tetapi tidak sempat ke daerah tersebut, maka Anda tidak perlu bersedih karena kami akan memberi tahu Anda resep membuat nasi li terpisah dan nasi kami khas Sunda.

Baca Juga : 10 Aneka Resep Kuliner Favorit dari Papua

3. Nasi Tutuk Oncom

Nasi Tutuk Oncom
Travel – Bisnis.com

ciremaitoday.com, Indramayu, -Nasi Tutug oncom adalah makanan tradisional Indonesia yang lezat. Tutug oncom merupakan makanan khas asli Jawa Barat. Nasi tutug oncom sendiri merupakan campuran nasi hangat dan oncom bakar lalu diaduk jadi satu, lalu tambahkan sedikit bawang goreng, telur dadar, sambal, lalapan dan ikan asin goreng.

Dilihat dari asal muasal nasi tutug oncom, sebenarnya tidak ada yang bisa mengetahui asal muasal nasi tutug oncom. Selain diwariskan secara turun-temurun, beras tucaoncom rupanya sudah menjadi makanan yang sangat diperlukan masyarakat Sun Dan sejak zaman dahulu kala.

Menurut beberapa sumber, nasi tutug oncom telah digunakan sebagai pendamping sarapan sejak tahun 1940-an. Awalnya hanya oncom yang dibakar dan ditambahkan garam, tanpa wangi. Kemudian gunakan oncom bakar sebagai teman makan nasi. Disajikan dengan teh tanpa pemanis, oncom bakar biasanya disantap untuk sarapan pagi.

Kebiasaan Sun Dan ini menjadikan oncom sebagai makanan yang wajib dipilih. Yang pasti, pada zaman dahulu, hampir setiap rumah digunakan untuk memasak nasi tutug oncom. Selain enak, membuat nasi tutug oncom relatif mudah dan murah.

Nasi Tutog Oncom merupakan sajian yang disajikan untuk rakyat di saat kesakitan, yakni rakyat dan negara kita masih dalam kesulitan. Apalagi di masa orde lama, saat harga beras dan minyak melambung tinggi. Namun, kini Tutug oncom telah menjadi santapan semua lapisan masyarakat, namun tidak memberikan kesan yang pedih.

4. Sayur Asem.

Sayur Asem
Kompas.co

Sayur asam atau sayur asem adalah sayuran khas Indonesia. Sayur asam jawa lokal banyak ragamnya, seperti sayur asem Jakarta (ragam orang Betawi di Jakarta), sayur asem kangkung (beragam menggunakan kangkung), dan sayur asin ikan asin.

Sayur asam jawa di Sumatera lebih keruh, merah dan berminyak dari pada sayur asem betawi kuah bening.Kuah asam di Aceh disebut sayur asem, tepatnya kalimantan selatan, sayurnya menggunakan terong luo wangzi (asam) , kunyit, dan kepala ikan lele.

Di Jawa banyak terdapat jenis sayuran asam. Sama seperti sayur asem ala Jawa Timur ini memiliki rasa yang pedas.

Di Jawa Barat, kandungan sayur asam jawa seringkali rendah, dan ciri khasnya adalah penggunaan kacang tanah yang dikupas. Kacang tanah dan kulitnya tidak seperti Sayur Asam Betawi (Semarang) Kacang tanah merupakan sayuran asam utama dengan rasa pedas dan asam. Beda dengan sayur asam jawa unik, yang tidak gampang ditambah bumbu.

Ada juga berbagai cara menikmati sayur asam. Di Jawa Barat dan Betawi, orang biasanya menikmati sayur asam dalam mangkuk. Pisahkan dari nasi. Namun di Jawa Timur, mereka lebih suka mencampurkan sayur asem, nasi dan lauk pauk.

Hidangan asam memiliki filosofi yang menggambarkan keberagaman. Hal ini terlihat dari kandungan sayuran yang berbeda-beda. Ada kacang panjang, jagung manis, labu kuning, kacang tanah, manisan buah, terong, nangka, jagung manis, manisan daun. Meski sayuran sering digunakan, mereka bisa memberikan rasa yang seragam. Rasa yang dihasilkan asin dan asam, selain itu sayur asem ini mengingatkan anda untuk tidak sembarangan dan sabar. Menu sederhana ini biasanya mengingatkan pada rumah dan keluarga [2].

Sarana yang sering digunakan adalah kacang tanah, nangka, manisan buah, sayur belimbing, labu siam, kacang panjang dan asam. Jagung juga sering digunakan dalam hidangan ini.

Rasa asam manis dari masakan ini menyegarkan dan cocok dipasangkan dengan lauk kering lainnya seperti ikan goreng dan lalapan. Biasanya hidangan ini juga disajikan dengan sambal.

Meski asam jawa lebih banyak menggunakan sayuran dibanding seafood, sajian ini tetap mirip dengan Thai Tom Yam.

Baca Juga :  10 Resep Makanan Khas Aceh Paling Enak

5. Pais Ikan

Pais Ikan
Selerasa.com

 

 

Ini adalah cara khas mengolah bahan makanan (biasanya digunakan untuk ikan) dengan membungkus ikan dan bumbu pada daun pisang dari Jawa Barat. Caranya dengan haluskan kentang tumbuk dan bumbu halus, tambahkan daun keman

gi, tomat dan cabai, lalu bungkus dengan ikan mas bersih. Kemudian bungkus semuanya dengan daun pisang, dan paku 2 potong bambu kecil di setiap ujungnya. Kemudian, bungkusan tersebut dibakar (dibumbui) di atas api atau arang sampai kering.

Kecap ikan atau yang biasa dikenal dengan kecap ikan ini dibuat dari bumbu yang dihaluskan, kemudian dibungkus dengan ikan bersih, kemudian ditambahkan daun kemangi, tomat dan merica. Menu sunda ini cocok untuk makan keluarga, membuat makanannya mudah untuk dicoba.

Di antara makanan khas sunda ada banyak jenis pepe, seperti ayam, jamur, teri, telur asin dan tahu. Kacang polong biasanya dimakan dengan nasi hangat dan sayur asam.

Padahal, kebanyakan orang mengira pepes adalah nama makanan. Faktanya, Pez atau Pepes merupakan teknik memasak yang dilakukan dengan menyajikan makanan yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus atau dibakar hingga matang.

6. Empal Gentong

Empal Genton
Batiqa Hotels

Sedikit bergeser ke daerah Cirebon, Jawa Barat nih Detikers, kamu bisa menemukan khas Sunda yang enak pula di sini. Makanan khas Sunda yang berawal dari Cirebon ini memiliki kesamaan dengan gulai, makanan ini diolah dengan memakai kayu bakar di dalam gentong. Dalam olahannya, makanan ini dihidangkan dengan pencampuran usus, babat serta daging sapi alhasil cita rasa enak lebih terasa nikmat.

Empal gentong sendiri dihidangkan dengan lontong ataupun nasi serta sebagai pelengkap dapat ditambahkan dengan kucai serta cabai kering. Rasa dari empal gentong memiliki rasa yang kuat karena bumbu empal gentong melekat dan spesial.