Cemilan Khas Kota Cimahi Jawa Barat

Cemilan Khas Kota Cimahi Jawa Barat

Cemilan Khas Kota Cimahi Jawa Barat

Cemilan Khas Kota Cimahi Jawa Barat
foodnesia.net

Cemilan Khas Kota Cimahi Jawa Barat  – Pembicaraan tentang kota ini terasa tidak ada habisnya. Keren banget deh Kota Cimahi, Wisata Kuliner Kota Cimahi sangat cocok untuk sobat kunjungi. Dilihat dari tempat wisata dan makanan khas Cimahi, semuanya sangat menggiurkan. Kamu harus banyak mencoba terutama makanan khas kota Cimahi, makanan ini bervariasi dan tentunya enak. Selain enak di sana, juga sangat murah dan cocok untuk mereka yang punya stok tas flat bottom

Sebelum ke Cimahi ada baiknya sobat menyimak perkenalan sobat ini mengenai menu wisata kuliner Kota Cimahi ini, agar saat kesana kedepannya tidak akan bingung makanan khas mana yang harus dicoba terlebih dahulu. Ini adalah tempat yang bisa teman-teman coba dan makanan khas Cimahi!

1. Kue Semprong Khas Cimahi

Kue Semprong Khas Cimahi
artikel unik

matsuri-restaurant – Cimahi, yang dikenal sebagai pusat militer, pastinya dapat ditelusuri kembali ke asal usul yang jauh. tidak hanya darmawisata asal usul yang dapat dipelajari, cimahi pula memiliki makanan khas yang wajib dikunjungi.

Salah satunya adalah KSC atau biasa disebut Kue Cimahi Semprong. Jajanan jadul ini merupakan kuliner khas Cimahi dan masih eksis hingga saat ini.

Jumadi Hartanto yang menggeluti pekerjaan ini sejak 1998. Setelah meninggalkan pabrik tempatnya bekerja saat resesi, ia membuka banyak perusahaan. Tapi itu selalu berakhir dengan ketidaksesuaian. Barulah Jumadi memutuskan untuk terjun ke bisnis long cake.

Dulu, saya meninggalkan tempat kerja saya di pabrik. Lalu, saya buka berbagai perusahaan, tapi tidak cocok. Dan kebetulan adik saya punya pengalaman membuat kue persegi panjang, jadi saya buka sendiri, ”ujarnya kepada Ayobantong, Senin (23/9/2019) pagi.

Toko KSC ini terletak di Jalan Encep Kartawiria No.35, Ran / Rw 02/03, Desa Citereup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Toko ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 6 sore. Toko ini juga menawarkan delapan jenis kue muffin, termasuk: coklat, durian, pandan, pisang, kacang tanah, keju, wijen dan kombinasi.

Harga satu bungkus sekitar 36 kue hanya Rp 15.000. Tidak ada keraguan bahwa rasa yang enak dijamin. Tekstur kuenya yang kering mengeluarkan suara parau di mulut. Manisnya kuenya pas di lidahku. Aroma yang dihasilkan pasti akan membuat perut berdebar-debar.

Toko KSC ini bisa memproduksi sekitar 150 bungkus per hari. Kue yang dikemas bisa bertahan selama 2,5 bulan. Wah ini pas banget buat yang pengen stock di rumah. Produk kue beraroma wijen merupakan produk yang paling diminati oleh konsumen. Namun bagi yang ingin memberikan kado untuk keluarga atau teman, pilih kombinasi rasa yang lebih cocok.

“Untuk konsumsi pribadi biasanya rasanya mentah, yaitu wijen. Tapi kalau dipakai untuk peredaran biasanya kombinasi.

Setiap perusahaan memiliki harapan untuk kelangsungan usahanya. Seperti Jumadi, ia berharap bisa terus membawa nama baik Cimahi lewat kue persegi panjang miliknya.

Ia mengatakan: “Harapan selanjutnya, bisnis yang sedang berkembang ini akan terus berjalan dengan lancar yang tentunya membawa nama baik Kota Cima. Alhamdulillah, ini karena Semprong sudah menjangkau kota-kota di seluruh Indonesia. Bahkan dari Rt, Rw hingga Presiden , Dia telah mencoba.

Jadi buat yang travelling ke Bandung atau Cimahi jangan lupa kunjungi store KSC ini ya. Selain harganya yang populer, jajanan ini juga sangat cocok untuk menemani perjalanan kamu sehingga semakin menarik.

2. Keripik Daun Singkong Khas Cimahi

7 Pesona Air Terjun Yang Ada Di Jawa Timur
IDN Times

Biasanya daun singkong kebanyakan digunakan untuk pakan ternak atau sekedar didiamkan saja, akan namun di cimahi digunakan sebagai kuliner khas cimahi, sejenak daun ketela pohon nampak amat sepele serta simpel dan akan membuat anda Yang bikin ketagihan selain rasanya yang renyah, daun singkongnya juga memancarkan aroma yang berbeda yang pastinya bikin enak..

Ada pula bahan dasar menggunaka daun ketela pohon serta tepung beras, ketumbar, telur serta bumbu rasa, seluruh bahan dasar itu diberi campuran rempah-rempah kemudian digoreng,prosesnya sendiri hampir serupa dengan membuat rempeyek. Bila kamu penasaran mau mencicipinya keripik daun ketela pohon ini Anda bisa datang ke Jalan Raya Barat 637 di Setiamah Cimahi Tengah. Kota Cimahi Jawa Barat aatu anda bisa datang ke Toko Oleh-oleh Sariwangi.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Makassar Terpopuler

 

3. Onde Ketawa

Onde Ketawa
surabaya- liputan6

cemilan yang bernama Onde Ketawa 99, umumnya onde- onde pada biasanya berukuran besar sebesar bola pimpong dan diberi isian kacang hijau,kemudian Ditaburi biji wijen dan kulitnya yang kenyal, namun berbeda dengan onde tawa khas Cimahi di Jawa Barat., yang mana onde ketawa cimahi memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada onde- onde pada biasanya .

Onde ketawa cimahi berukuran sebesar kelereng, serta pula diberi taburan wijen serta memiliki rasa yang renyah. Bila kamu penasaran kamu dapat tiba ke alamat Jalur RH. Abdul Haliim, Nomor. 14 Cigugur Tengah. Setiamanah, Cimahi Tengah Jawa Barat .

4. Kue Balok Cimahi

Kue Balok Cimahi
artikel unik

wisata alam serta budaya, darmawisata kuliner pula memperoleh tempat di hati para turis .

Misalnya di Cimahi yang posisinya bersebelahan dengan Bandung, mempunyai beraneka ragam kuliner yang mengguncang rasa .

Jika Anda tinggal di Cimahi, jangan lewatkan kuenya.

Nah salah satu kue balok yang terkenal di Cimahi dan cocok dijadikan oleh-oleh adalah Kue Balok Pasopati.

Kue Balok Pasopati ini tersedia di Kedai Kunang Kunang 22, Jalan Jenderal H Amir Machmud No 274, Kota Cimahi.

Kue Balok Pasopati menawarkan empat kue persegi yang berbeda. Yakni brownies (coklat), talas, red velvet dan ubi cileumbu.

Semua varian itu dikemas memakai kotak food grade mutu terbaik.

Pada bagian atas kotaknya terpajang brand Kue Balok Pasopati komplit dengan icon jembatan Pasopati Bandung .

All varian Kue Balok Pasopati ini ditawarkan Rp 35 ribu per-satu kotak.

Satu porsi di kotak tersebut berisikan 10 potong kue balok yang disusun rapi dalam dua baris.

Marketing Leader Bandung Kunang Kunang 22, Rengga Eka Laksono, berkata, Kue Balok Pasopati ialah produk kuliner dari Kunang Kunang 22 buat dijadikan oleh-olehataupun teman cemilan pengganjal perut di malam hari.

“Tidak hanya varian brownies, 3 varian yang lain ialah keluaran terkini dari brand Kue Balok Pasopati. 3 varian itu sudah di- launching semenjak April di Kedai Kunang Kunang 22 outlet Cimahi,” ujar Rengga kepada Tribun Jabar, ditemui di Kedai Kunang Kunang 22 Outlet Cimahi, pekan lalu.

Rengga meningkatkan, alasan mereka memilah rasa talas serta red velvet sebab 2 varian itu masih digandrungi banyak orang.

5. Denjapi

Denjapi
wikipedia

Hati pisang diolah menjadi sayuran, dan sebagian dari Anda pasti sempat mencobanya

Namun, seorang warga di Cimahi, Jawa Barat, mengolah bunga pisang menjadi dendeng dan menyuwirnya. Namanya denjapi, kependekan dari dendeng jantung pisang.

Bisnis yang dikelola Bambang ini awalnya ingin menanam bunga pisang yang tahan lama sehingga bisa didistribusikan ke berbagai daerah. Selain itu bunga pisang di Indonesia sangat melimpah, namun pengolahannya kurang optimal. Ban Bang baru-baru ini mengatakan: “Saya akan sangat senang jika berbagai daerah mengolah bunga pisang dengan selera mereka sendiri.”

Selain membuat dendeng dan abon, Bambang juga berinovasi dengan mengolah bunga pisang menjadi sosis, bakso, dan nugget. Apalagi berkah produk olahan Bambang, Kota Cimahi berhasil menjuarai kompetisi keamanan pangan nasional. Ban Bang menambahkan: “Memperoleh sertifikat dan sertifikat halal dari Kementerian Kesehatan.”

6. Kue Semprong Kipas

Makanan Khas Padang yang Unik dan Lezat
cookpad.com

Cuaca malam di Bandung terkenal dengan cuaca yang sejuk bahkan dingin, tetapi warga Bandung ataupun turis yang berkunjung ke kota Bandung malah lebih suka bepergian pada malam hari. Karena setiap malam selalu banyak toko-toko fashion dan kedai-kedai kuliner yang timbul di sepanjang jalur. Buat menghangatkan suasana malam, kamu bisa berupaya minuman tradisional khas orang sunda. Minuman ini umumnya disajikan pada cuaca dingin, seperti pada malam hari atau di kala hujan. Di daerah cimahi kini hadir kedai bandrek dengan nama bandrek Habbenagen .
Bahan dasar minuman bandrek yang terutama merupakan jahe serta gula aren, tetapi bisa ditambahkan bumbu buat menguatkan dampak hangat dari minuman ini. Dalam penyajian bandrek pula dapat meningkatkan susu buat menaikkan selerakamu.
Selain dapat menghangatkan tubuh, banyak masyarakat yakin kalau minuman bandrek pula bisa memulihkan bermacam penyakit ringan semacam sakit tenggorokan, batu berdahak serta serupanya.

Bandrek ialah minuman tradisional khas orang sunda yang telah terdapat semenjak lama serta masih terdapat hingga saat ini.

Baca Juga : 6 Makanan Khas Aceh yang Harus Masuk Daftar Kulineranmu

 

7. Bandrek Habennagen

Bandrek Habennagen
shoppe

Cuaca malam di Bandung populer dengan cuaca yang sejuk apalagi dingin, tetapi warga Bandung ataupun turis yang bertamu ke kota Bandung malah lebih suka bepergian pada malam hari . Karena setiap malam selalu banyak toko-toko fashion dan kedai-kedai kuliner yang muncul di sepanjang jalur. Buat menghangatkan suasana malam, kamu bisa berupaya minuman tradisional khas orang sunda. Minuman ini umumnya disajikan pada cuaca dingin, seperti pada malam hari atau di kala hujan. Di daerah cimahi kini hadir kedai bandrek dengan nama bandrek Habbenagen .
Bahan dasar minuman bandrek yang terpenting adalah jahe dan gula aren, tapi bumbu bisa ditambahkan untuk menambah kehangatan minuman ini. Dalam penyajian bandrek pula dapat meningkatkan susu buat menaikkan selera kamu.
Selain dapat menghangatkan tubuh, banyak masyarakat Minuman bandrek diyakini juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit ringan, seperti radang tenggorokan dan batuk. Bandrek merupakan minuman tradisional khas sunda yang sudah ada sejak lama dan masih digunakan hingga saat ini.