Wed. Apr 17th, 2024

Hidangan Jepang yang Harus Anda Coba Setidaknya Sekali – Sementara masakan Jepang sering diringkas menjadi beberapa hidangan (seperti sushi dan ramen) di luar negeri, berbagai pilihan dan ketepatan kuliner yang dimainkan di pulau ini menghasilkan makanan sempurna yang memuaskan semua elemen santapan. Tidak hanya beraroma dan segar, makanan lokal juga sangat sehat, lapor BBC Good Food .

Hidangan Jepang yang Harus Anda Coba Setidaknya Sekali

matsuri-restaurant – Tingkat penyakit kardiovaskular dan obesitas yang rendah, dipasangkan dengan harapan hidup yang panjang, menunjukkan makanan Jepang memiliki manfaat. Gaya hidup diet dan hidangan tradisional sangat dihormati di negara ini dan telah diakui secara resmi di seluruh dunia. Washoku, kebiasaan yang terkait dengan persiapan dan kenikmatan makanan yang bersumber secara lokal, diakui oleh UNESCO pada tahun 2013 sebagai bagian dari Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan.

Selain sejarah dan tradisi, Jepang memiliki kuliner yang ramai dan sering terdaftar sebagai salah satu negara makanan terbaik di dunia. Koki dikenal memiliki kecintaan khusus dengan masakan negara, dan Today’s World Kitchen membaginya menjadi keahlian seni, minimalis, bahan-bahan berkualitas tinggi, dan kepadatan restoran berbintang Michelin di Tokyo. Namun demikian, tidak perlu santapan mewah untuk mendapatkan makanan Jepang yang luar biasa. Daftar berikut menyoroti 20 masakan Jepang yang layak untuk dicicipi.

Sushi & Sashimi

Item pertama ini sebenarnya menggabungkan dua kategori, masing-masing dengan banyak pilihan. Meskipun keduanya dapat dijelaskan secara panjang lebar, sushi dan sashimi sering disajikan bersama sebagai dua hidangan Jepang paling umum yang tersedia di AS. Sangat mudah untuk melupakan bahwa Jepang adalah sebuah pulau sampai Anda menyadari pentingnya makanan laut dalam masakan tersebut .

Baca Juga : Panduan Pemula Bagi Kalian Yang Ingin Ke Restoran Jepang

Live Japan menjelaskan bahwa sashimi terdiri dari irisan tipis ikan mentah yang disajikan dengan kecap asin, wasabi, dan lobak daikon. Tuna, salmon, flounder, udang, dan cumi-cumi adalah pilihan protein yang memungkinkan. Perhatikan tidak adanya rumput laut, nasi, dan bahan lainnya yang signifikan sashimi membuatnya tetap sederhana.

Sushi di sisi lain sebenarnya diterjemahkan sebagai nasi cuka, menurut FAQ Sushi , tetapi istilah tersebut sekarang mencakup lebih banyak lagi. Pada dasarnya, nasi dipasangkan dengan makanan laut mentah dan digulung dengan rumput laut agar mudah ditangani. Namun, siapa pun yang pernah ke restoran sushi dapat membuktikan fakta bahwa tambahan yang mungkin ada hampir tidak terbatas. Meskipun banyak roti gulung yang populer di luar Jepang hampir tidak dapat dianggap asli, tambahan seperti telur ikan, telur, dan sayuran semuanya merupakan pendamping yang mungkin untuk ikan mentah. Untuk pengalaman penuh, pasangkan sushi Anda dengan acar jahe, wasabi, dan kecap.

Tempura

Kegembiraan gorengan dibagikan ke seluruh dunia, dan Jepang melakukannya dengan sangat baik dengan tempura. Menurut Panduan Michelin , asal usul hidangan ini sebenarnya berasal dari Portugis pada abad ke-16, yang membiasakan makanan dengan sedikit tepung dan goreng. Di Jepang, ikan, sayuran, dan daging semuanya siap untuk diperebutkan favorit populer termasuk ubi, udang, dan jamur.

Tempura terus berkembang selama berabad-abad setelah diperkenalkan, dengan variasi yang dibuat pada kandungan adonan dan lemak yang digunakan untuk menggoreng. Saat ini, setiap bagian negara menyiapkan hidangan dengan sedikit perbedaan, dan sementara tepung, telur, dan air membuat adonan di timur, telur tidak digunakan di barat. Bagian timur memilih untuk menggoreng tempura dengan api besar dalam minyak wijen dan sementara itu, panas rendah dan minyak sayur adalah metode yang disukai di barat. Saus celup, lobak daikon, atau garam saja digunakan untuk membumbui camilan goreng. Jika Anda sedang berselera makan, porsi makan yang lebih besar yang dikenal sebagai tendon disajikan di atas nasi dengan saus manis dan asin, acar, dan sup miso, dan kelezatan gorengan bahkan bisa menemani sup mie.

Yakitori

Jika Anda bisa membaca bahasa Jepang, maka Anda pasti tahu bahwa yakitori artinya burung panggang, menurut Food in Japan . Saat ini, istilah tersebut dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai daging dan sayuran yang ditusuk yang dimasak di atas panggangan, meskipun ayam adalah versi hidangan yang paling umum. Faktanya, yakitori yang terbuat dari jeroan ayam secara tradisional lebih dominan, meskipun berkat kecap manis dan glasir mirin yang biasa digunakan, Anda mungkin tidak akan menyadarinya. Gaya yakitori lainnya hanya dibumbui dengan garam, dan ada banyak variasi regional. Selain ayam, bahan khas lainnya termasuk daging babi, jamur, daun bawang, dan bahkan makanan laut.

Tusuk sate adalah makanan pokok jalanan, yang ditunjukkan oleh Panduan Michelin telah terjadi sejak akhir abad ke-19. Selain itu, restoran Yakitori-ya yang berspesialisasi dalam makanan ringan panggang sangat populer di kalangan orang sepulang kerja yang mencari gigitan cepat sambil minum bir. Yakitori juga mudah ditemukan di izakaya , restoran bergaya pub yang menyajikan piring kecil. Apakah Anda memesan beberapa tusuk sate atau selusin, yakitori selalu membuat gigitan yang memuaskan.

Takoyaki

Biasa disebut sebagai bola gurita, takoyaki adalah jajanan kaki lima yang enak yang harus Anda coba. Daging gurita yang biasanya dibumbui dengan acar jahe dan daun bawang dilapisi adonan tepung terigu yang dibentuk menjadi bola, Food in Japan menjelaskan. Selanjutnya, bola-bola tersebut dipanggang dalam wajan khusus yang terdiri dari lekukan-lekukan bulat untuk menampung bola-bola tersebut. Bola yang sudah dimasak diberi saus takoyaki (bumbu manis dan asin yang mirip dengan Worcestershire), mayones Jepang, dan serpihan bonito kering (serpihan ikan) di atasnya.

Ini mungkin terdengar seperti banyak, tetapi bola adonan menggabungkan keseimbangan sempurna antara isian berair dengan lapisan krim manis dan asin yang membuat sulit untuk makan hanya satu. Untungnya mereka selalu dijual dalam kelipatan sehingga Anda tidak perlu menerima lebih sedikit. Live Japan mencatat bahwa takoyaki sangat populer di festival, jadi pantau terus kios yatai yang berspesialisasi dalam suguhan gurih. Meskipun makanan ringan ini konon berasal dari Osaka, Anda dapat dengan percaya diri menikmatinya di seluruh negeri dan luar negeri.

Curry rice

Meskipun Anda mungkin tidak mengasosiasikan kari dengan Jepang, penulis makanan Moreda Takashi mencatat bahwa kebanyakan orang Jepang memakan hidangan tersebut setiap minggu, secara teratur mencantumkannya di antara makanan favorit mereka (melalui Japan Quarterly ). Profesor antropologi Dr. Merry White memberi tahu Vice bahwa kari berakhir di Jepang melalui Angkatan Laut Inggris, yang membawa hidangan India versi mereka sendiri pada akhir 1800-an. Kari mendapatkan popularitas karena mudah disiapkan untuk kelompok besar, dan akhirnya campuran kari siap pakai dijual untuk masakan cepat saji di rumah (melalui Wakil). Sering diberi label sebagai kari emas, tersedia di supermarket di AS Dibandingkan dengan kari khas India, gaya Jepang lebih kental, lebih manis, dan jarang pedas.

Metropolis menunjukkan bahwa variasi gaya ditemukan di seluruh negeri, karena setiap daerah menyempurnakan penyajian makanan yang menenangkan. Di antara yang paling populer adalah kari dengan potongan daging babi dilapisi tepung roti yang menyertai saus dan nasi. Meskipun biji-bijian secara teratur disajikan bersama kari, selama masa kekurangan beras di akhir tahun 1800-an, seorang ahli pertanian AS William S. Clark menambahkan kentang, selamanya mengubah komponen hidangan. Selain kentang, bahan umumnya termasuk wortel dan daging, seringkali daging babi atau sapi (melalui Japan-Guide). Berbeda dengan kari yang kaya, biasanya disajikan dengan acar manis atau daun bawang.

Onigiri

Jika Anda mencari camilan yang mudah dibawa saat bepergian, onigiri bisa menjadi pilihannya. Bola nasi (lebih berbentuk segitiga daripada bulat) sangat serbaguna dan dapat disesuaikan, dan bahkan bisa menjadi makanan bergizi. Faktanya, Onigiri Shuttle Korogin mengindikasikan bahwa mereka muncul saat sarapan, dalam kotak bento saat makan siang, dan secara teratur dinikmati hingga larut malam. Tidak ada yang baru tentang onigiri, dan menurut The Japan Times , hidangan ini sudah ada sejak lebih dari 2000 tahun yang lalu. Kikkoman melaporkan bahwa format yang nyaman membuatnya populer di kalangan pasukan di abad ke-16, dan tentu saja, ideal untuk piknik.

Selain gundukan beras berbentuk segitiga, ada juga isian yang tersembunyi di dalam atau terlihat lebih jelas di permukaan. Kikkoman mencantumkan acar aprikot, prem, ikan bakar, telur, daging, atau sayuran sebagai pilihan populer, meskipun variasi lokal dan musiman berlimpah. Nasi sering dibungkus dengan daun nori (rumput laut) untuk mencegahnya mengering, tetapi jenis lain ditaburi dengan biji wijen. Bola nasi terus disesuaikan untuk memasukkan isian yang dipengaruhi Barat, dan sandwich onigiri bernama onigirazu yang terinspirasi oleh manga dari tahun 1980-an bahkan dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *