Macam macam masakan yang Berbahan Dasar Dari Buah Nangka

Macam macam masakan yang Berbahan Dasar Dari Buah Nangka

 

matsuri-restaurant – Buah nangka yang masih muda dan empuk bisa diolah menjadi sayur asin yang enak. Namun yang terbaik adalah memperhatikan cara memasaknya agar terasa enak. Nangka biasanya dijual dalam potongan-potongan. Ada tipe merah dan hijau. Biasanya dagingnya berwarna putih susu. Pilih benih yang terlihat tetapi masih lunak. Jika terlalu muda, teksturnya akan sangat keras.

Untuk mengupasnya, olesi pisau agar sari buah nangka tidak lengket. Kupas sampai bagian hijau terangkat. Anda hanya bisa melihat bagian putihnya. Belah atau belah dua dan buang bagian tengah yang keras. Kemudian potong buah nangka menjadi ukuran sedang agar tidak pecah saat dimasak. Jika langsung matang, masukkan irisan nangka ke dalam panci berisi air mendidih dan rebus hingga tekstur nangka muda menjadi empuk. Jika ingin warna merah, tambahkan daun salam dan daun jambu biji.

Jika ingin menyimpannya dalam waktu lama, kukus irisan nangka dalam kukusan panas selama 45 menit hingga 1 jam hingga lunak. Keluarkan dan dinginkan. Tiriskan nangka dan simpan di lemari es. Buah nangka muda bisa disimpan paling lama beberapa hari. Buah nangka yang masih muda memiliki tekstur yang agak keras dan rasa yang lebih ringan. Karena itu perlu dibumbui sepenuhnya dan dimasak dalam waktu lama. Jadi bumbu meresap. Disini kami akan menjelaskan beberapa olahan dari nangka muda.

Macam macam masakan yang Berbahan Dasar Dari Buah Nangka

 

1. Gudeg nangka muda

Gudeg nangka muda
cookpad.com

Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata nusantara yang memiliki jenis kuliner khas yang tentunya sudah dikenal oleh masyarakat Gude. Karena popularitasnya, kota Yogyakarta sering disebut sebagai kota gudeg. Padahal, Gudeg sendiri tidak hanya bisa ditemukan di Yogyakarta, tapi juga di daerah lain di Jawa Tengah. Namun, tak bisa dipungkiri kalau makanan jenis ini identik dengan kota Yogyakarta.

Makanan berbahan dasar nangka muda ini sudah ada sejak lama. Ada banyak cerita tentang asal muasal permen karet, salah satunya mengatakan bahwa makanan jenis ini mulai berkembang dengan berdirinya Kerajaan Mataram Islam di wilayah Kota Gorda pada tahun 1500-an. Konon dalam proses pembangunan kerajaan, para pekerja harus membersihkan lahan yang ditumbuhi berbagai jenis pohon, antara lain pohon nangka, jati, dan merlinho. Terakhir, nangka muda dan berbagai jenis sayuran lainnya sangat diimbau oleh para pekerja untuk memanfaatkannya sebagai bahan pangan.

Setelah diolah dan dimasak secara ekstensif, nangka dapat memenuhi kebutuhan banyak pekerja. Proses pengadukan (dalam bahasa Jawa disebut hangudek) menggunakan peralatan besar seperti perahu dayung. Nama gudeg sendiri berasal dari proses pencampuran sebelumnya (hangudek menjadi panas). Menu gudeg sendiri sangat digemari karena bahan utama nangka muda bisa dengan mudah ditemukan di pekarangan dan kebun masyarakat Yogya. Padahal, bahan yang digunakan untuk memanaskan sendiri tidak terbatas pada buah nangka saja. Kelapa pondoh atau kembang kelapa (manggar) juga biasa dibuat gudeg, disebut gudeg manggar. Selain itu ada sejenis makanan hangat yang terbuat dari rebung atau anakan pohon, namun sulit untuk menemukan jenis getah ini, sehingga tidak heran jika kebanyakan orang hanya mengetahui getah yang terbuat dari nangka muda.

Sebagai kota Gude, makanan seperti ini sangat mudah ditemukan di kota Yogyakarta. Padahal, di salah satu sudut Kota Yogya, Wijilan, banyak sekali penjual yang antusias siap melayani wisatawan. Pengunjung bisa menikmati makanan ini di tempat atau membawanya pulang dalam kemasan unik yaitu besek (wadah makanan dari anyaman bambu) atau kendil (wadah makanan dari tanah liat).

2. Gulai nangka balungan

Gulai nangka balungan
Resep MasakanKu

resepmasakanku.net – Gulai ini sesungguhnya ialah salah satu tipe persembahan yang tersebur besar di Nusantara, paling utama di wilayah Sumatera serta pula Jawa dan di semenanjung Malaya. Persembahan yang satu ini sesungguhnya berawal dari Sumatera selaku hasil dari akibat serta pula aplikasi dari seni memasak India yang banyak dengan rempah serta pula bahan semacam perihalnya kari.

Dapat dibilang bila gulai ini merukapan salah satu bahan persembahan dasar yang sangat populer dalam makanan Minangkabau. Kuah ataupun bahan gulai biasanya pekat dalam persembahan Minangkabau, Aceh, serta Melayu. Tetapi berlainan dengan di Jawa, biasanya kuah gulai lebih cair alhasil lebih menyamai sup yang disajikan ketika sedang panas yang umumnya bermuatan daging ataupun dalaman kambing. Setelah itu apa yang berlainan bila dibanding dengan gulai Cubadak?

Sumatera Barat memanglah diketahui dengan santapan yang lezat. Tidak hanya populer dengan rendangnya, banyak pula berbagai macam tipe gulai berkuah yang terbuat dari kombinasi bahan serta santan pekat. Amat alami bila hidangan ini memanglah senantiasa dapat tingkatkan hasrat makan. Tetapi tidak cuma gulai Tambusu ataupun gulai Ayam saja yang populer di Sumatera Barat, terdapat pula gulai Cubadak yang wajib lekas Kamu cicipi. Di dalam bahasa Minang, Cubadak ini berarti nagka belia. Jadi dari mari telah dapat dimengerti kalau gulai Cubadak ini merupakan gulai yang berawal dari nangka belia. Tetapi walaupun begitu, di Minang sendiri gulai Cubadak pula bervareasi.

Memanglah pada biasanya gulai ini terbuat cuma dengan nangka belia, tetapi lain perihalnya di wilayah Kapau, gulai Cubadak tidak cuma bermuatan nangka belia saja tetapi gulainya pula dicampur dengan kacang panjang, sayatan anak buluh, serta kubis. Tidak hanya itu gulai Cubadak ini pula dapat dipadukan dengan kupat, balado, telur sudah direbus, serta pula kerupuk khas Minang yang mempunyai warna merah belia. Biasanya gulai ini kerap dinikmati pada dikala makan pagi.

Baca Juga : 8 Makanan Bersantan Khas Dari Indonesia

3. Sayur Lodeh

Sayur Lodeh
detikFood

Sayur lodeh yang jadi santapan khas Indonesia nyatanya mempunyai asal usul menarik di dalamnya. Bagi legenda yang ada, kala wabah menyerang Kota Yogyakarta, Jawa Tengah, baginda Hamengkubuwono menginstruksikan warganya buat memasak sayur lodeh serta bermukim di rumah sepanjang 49 hari. Teruji wabah itu juga selesai, alhasil adat- istiadat itu mulai bersinambung sampai hari ini.

Begitu juga dikenal, sayur lodeh merupakan kari sayur simpel yang dibuat dari 7 materi penting serta dasar santan pedas. Pakar vitamin sudah menekuni persembahan itu membuktikan khasiat kesehatan untuk berkembang semacam lengkuas, yang dikira mempunyai keahlian anti- inflamasi. Para pakar beranggapan kalau sayur lodeh amat sesuai buat era karantina.

Santapan Jawa dengan cara totalitas kaya dengan simbolisme. Sayur lodeh meluaskan simbolisme ini dengan cara linguistik serta numerologis. Dari 7 materi penting yang ditambahkan ke dasar santan semacam melinjo( buah semacam zaitun), daun melinjo, labu siam( semacam labu), kacang jauh, terong, nangka serta tempe mempunyai arti simbolis kalau diturunkan dari suara kaum tuturnya.

Dalam bahasa Jawa, wungu dari terong wungu mempunyai maksud ungu, namun pula mempunyai maksud tersadar. Sedangkan lanjar( kacang lanjar) dimaksud dengan bantuan. Kumpulkan ketujuh materi makanan ini mempunyai suatu yang menyamai jampi- jampi. Ritual memasak sayur lodeh karakteristik penting adat Jawa.

4. Dendeng nangka muda

Dendeng nangka muda
life.trubus.id

Seorang yang inovatif serta sukses bisa menggunakan nangka belia dengan cara maksimal jadi bermacam berbagai macam olahan kering ataupun berair yang sedia hidangan ataupun menjaga energi simpan. Salah satunya produk itu merupakan daging kering nangka belia. Eksploitasi buah nangka belia selaku produk santapan daging kering hendak lebih memperkaya kedamaian menu santapan kita tiap hari, sebab sepanjang ini buah nangka belia cuma diketahui selaku materi dasar penting sayur.

Biasanya produk santapan daging kering terbuat dari materi dasar asal hewani, semacam daging lembu, daging kelici, daging kambing pula daging binatang lainya. Nyatanya produk daging kering ini pula bisa terbuat dari materi asal nabati, ialah dari buah nangka belia. Biar daging kering nangka bisa memperoleh rasa daging lembu kita tambahkan daging lembu memotong- motong halus pada adukan atau pasta nangka yang telah dibumbui. Di sisi itu, produk daging kering pula hendak memanjangkan energi simpan buah nangka belia itu sendiri serta bisa tingkatkan pemasukan untuk keluarga ataupun bisa kurangi bayaran berbelanja tiap hari. Pembuatan daging kering nangka belia tidak susah, lumayan memakai perlengkapan yang terdapat disekitar dapur kita, semacam pisau, talenan, ulekan, tampah, spatula, serta daun pisang.

Materi– materi pembuatan daging kering nangka rasa daging lembu antara lain nangka belia yang pantas buat terbuat daging kering ialah nangka muda. Ciri- cirinya nangka utuh ialah durinya sedang merapat, ukurannya kecil, gampang dikupas, serta bergetah apabila dibelah jeraminya, camplungannya pula dengan kebesaran kecil, apabila dibelah bulir nangka bening, kulit bulir lunak. Aroma fresh nangka muda sesuai buat terbuat berbagai macam olahan.

5. Amparan tatak pisang nangka

Amparan tatak pisang nangka
Dapur Keju Prochiz

Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terdapat sesuatu santapan yang sejenak nampak mendekati dengan kue nagasari. Santapan itu bernama Amparan Tatak, ialah semacam kue berair dengan kombinasi rasa halus, manis serta enak. Amparan tatak merupakan jajanan simpel yang terbuat dengan tata cara serta cara pembuatan yang simpel pula. Materi dasar dari jajanan ini merupakan tepung beras yang dicampur santan. Isian dalam kue khas Alur ini merupakan pisang serta pula nangka. Rasa manis kue ini berawal dari pisang serta buah nangka sebaliknya rasa gurihnya diterima dari santan.

Akumulasi daun pandan menaikkan kue ini jadi amat wangi. Amparan tatak dibuat dari kombinasi santan, aci beras serta aci bertam yang dicocokkan dengan buah pisang, membuat rasanya cocok nama lain tidak eneg. Kue ini memiliki komposisi yang halus, berkelindan dengan rasa manis serta enak. Kue Amparan Tatak Pisang nagka lazim dihidangkan di baki besar berasaskan daun pisang. Kue ini disajikan pada acara- acara besar di Banjarmasin. Ataupun di dikala bulan puasa, kue berair ini dijual selaku jajanan buat takjil( persembahan berbuka) dikala berbuka puasa di bulan Ramadhan.

6. Nangka sticky rice atau ketan nangka

Nangka sticky rice atau ketan nangka
IDN Times

Makanan manis ini mirip dengan pendahulunya yaitu ketan mangga. Ketan nangka atau ketan nangka ini juga menjadi menu tradisional Thailand. Tak hanya di negara asalnya, Indonesia juga banyak diminati penggemarnya. Terbuat dari tepung ketan yang dimasak dan dikukus, tidak hanya membuat kenyang, tetapi juga membawa banyak manfaat.

Misalnya meningkatkan energi, mengurangi risiko penyakit jantung, bahkan mencegah penuaan dini. Karenanya, ketan bisa dikonsumsi setiap hari. Agar tidak bosan, ketan jenis ini bisa dicampur dengan nangka selain dipadukan dengan buah mangga. Anda tidak perlu membelinya, membuatnya sendiri sangat mudah dan praktis.

Baca Juga : Makanan Berbahan Daging Khas Dari Indonesia

7. Nasi megono atau urap nangka

Nasi megono atau urap nangka
logo inibaru – Inibaru.id

Bagi Anda yang berdomisili di Kalungan Utara atau sempat menginap sebentar di Kalungan Utara pasti tahu salah satu masakan khas dengan aroma buah kecombrang, apalagi kalau bukan megono. Tidak hanya manusia dan asal muasalnya yang melegenda, ternyata makanan pemakan gandum ini juga memiliki asal muasal mengapa disebut gandum yang bisa dimakan.

Kami yakin 99% dari Anda pasti tidak tahu mengapa hidangan ini disebut “megono”, karena itu memudahkan kami untuk lebih memahami ciri khas kota batik ini agar lebih paham dan paham. Megono biasa digunakan dengan nasi, setiap hari disebut “nasi megono” atau “sego megono”, atau bisa juga disebut “nasi tentara”. Kenapa penyebutanya menggunakan kata nasi tentara, karena nasi dan lauknya begitu mudah dan rasanya yang enak, ini dulunya makanan tentara Indonesia di Pekalongan setiap hari. Kembali ke topik pembahasan, kata “Megono” berasal dari bahasa Jawa Mergo yang artinya “sebab”, dan “ono” artinya “sebab”.

Sebelum Indonesia merdeka, pada masa penjajahan Belanda, kondisi tanah dari Purworejo, Pekalongan hingga Pemalang sangat subur, sehingga alasan tidak langsung pembuatan sajian ini adalah karena kondisi tidak memungkinkan mereka menumbuk padi menjadi nasi. Oleh karena tidak ada ruang untuk mengolah tanah atau menjual beras kepada pedagang beras, maka produksi ikan pari menurun! Mereka yang bergelut di bidang pangan saat itu memutar otak untuk mengganti fast food untuk diolah. Jadi di sinilah saya meteran dimulai. Nasi Lemak terbuat dari nangka muda, atau biasa disebut oleh warga sekitar Pekalongan cecek. Beras dari sekam yang dicampur urap seperti kacang-kacangan dan sayur mayur. Warga sempat menambahkan nangka muda, dipotong-potong untuk membuat adonan. rasanya enak.

Tak pelak, makanan jenis ini juga menjadi makanan bagi tentara, ketika tentara masuk dan singgah untuk masuk ke desa kecil, warga akan menyiapkan nasi untuk konsumsi cepat dan mudah. Sejak saat itu, keju Megnon yang kental itu dibuat dengan cara yang unik, dimasak sesuai dengan alasan dan nalar yang benar, dan menemani setiap prajurit gerilya untuk melawan penjajah.

Nasi megono adalah makanan lezat yang unik di jamannya, dan masih ada hingga sekarang. Nasi magnon memang penuh dengan selera masyarakat Galunga Utara, bahkan tanpa diolah beras Magnon, warga dan tentara tidak bisa bertahan di era perang jaman Belanda. Nah, apakah Anda sekarang semakin tertarik untuk mencoba nasi hitam?

8. Abon nangka

Abon nangka
Lazada

Jika ada yang bertanya tentang olahan daging suwir atau abon, tentunya akan banyak yang tahu. Abon adalah daging olahan yang dibuat dengan cara disuwir. Biasanya abon sering digunakan dalam pengolahan makanan. Abon suwir biasanya digunakan sebagai isian makanan. Makanan yang menggunakan makanan yang dicincang biasanya makanan yang biasa disebut dengan kue basah (seperti lemper).

Tempat penyimpanan abon tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga sangat aman dikonsumsi masyarakat dalam jumlah banyak. Tekstur olahan abon memiliki tekstur yang kering, sehingga abon dapat digunakan dalam waktu yang lama. Proses shredding sebenarnya sangat mudah, sehingga banyak pengusaha yang lebih memilih untuk mengoperasikan perusahaan shredding.

Saat ini, produk abon tidak hanya bisa dibuat dengan bahan daging, tapi juga dengan bahan buah nagngka muda. Buah nangka muda juga mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Nutrisi dalam buah nangka mengandung vitamin C yang dapat memperkuat kekebalan tubuh, kaya kalium (yang dapat mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung), serta kaya vitamin A (yang dapat menjaga kesehatan kulit).

Ternyata buah nangka memiliki banyak manfaat bagi tubuh, bagi yang tidak suka makan buah nangka secara langsung bisa mengolah buah nangka terlebih dahulu sebagai makanan atau minuman. Buah nangka yang paling cocok bisa dibuat menjadi nangka abon. Buah nangka abon terbuat dari nangka. Buah nangka yang digunakan untuk membuat abon nangka adalah nangka muda. Kalaupun berbahan dasar nangka muda, rasa nangka yang masih muda tidak kalah enak dari abon yang berbahan dari daging. Harga buah nangka muda juga lebih terjangkau sehingga bisa dengan mudah didapatkan oleh masyarakat luas. Jika Anda suka nangka abon, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.