Makanan dan Minuman Khas Dari Madiun

Matsuri-restaurant.com – Saat liburan ke Madiun, jika belum mencicipi makanan khasnya tidak akan puas. Kota kecil di Jawa Timur ini menawarkan makanan khas dengan harga yang relatif terjangkau. Dari camilan hingga makanan ringan, mudah ditemukan di Madiun. Meski masakan Pecel Madiun sudah terkenal di seluruh dunia, Anda harus mencoba makanan lain. Ini dia makanan khas Kota gadis yang wajib kamu coba.

1. Pecel


Pecel bisa ditemukan hampir di mana-mana. Masakan pecel sangat familiar di jawa timur, jawa tengah dan yogyakarta. Namun pecel juga bisa ditemukan di daerah lain. Penyebaran masakan pecel ini sebagian disebabkan karena migrasi masyarakat dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta ke berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Di Jawa Timur, pecel merupakan salah satu masakan yang paling digemari. Hampir setiap tempat di Jawa Timur menawarkan pecel khasnya masing-masing.

Secara umum kuah jawa timur lebih pedas dari kuah jawa tengah dan yogyakarta. Pecel di Jawa Tengah dan Yogyakarta cenderung manis. Pecel Madiun adalah salah satu pecel paling legendaris di Jawa Timur. Kecap ini terkenal dengan rasa pedas dan asinnya. Selain itu, Pecel Madiun juga memiliki banyak bahan lainnya, seperti aneka sayuran rebus, kemangi, serundeng, tumis buncis, mie kuning dan keripik kacang. Penjual pecel madiun biasanya juga menyediakan aneka gorengan dan berbagai jenis satai, seperti usus, telur puyuh, hati g, dll.

Dipercaya bahwa istilah “pecel” berasal dari Ki Gede Pamanahan. Dalam Babad Tanah Jawi terdapat cerita tentang pertemuan antara Ki Gede Pamanahan dan Sunan Kalijaga. Rapat di siang hari diakhiri dengan makan bersama. Ki Gede Pamanahan menyajikan nasi serta sayur mayur dan lauk pauk lainnya. Sunan Kalijaga melihat hidangan ini dan bertanya pada Ki Gede Pamanahan hidangan apa yang disajikan. Ki Gede Pamanahan menjawab pertanyaan tersebut dengan menjelaskan bahwa masakan tersebut adalah daun yang direbus kemudian diperas airnya. Yang dimaksud pecel adalah merebus dulu baru memeras airnya. Kalau soal cerita pecel ini pertama kali muncul di Yogyakarta. Sementara pecel Madiun menjadi lebih populer dibanding pepe di daerah lain karena pecel ini memiliki ciri khas tersendiri.

Baca Juga : Resep Masakan Padang Asli Paling Populer dan Lezat

Di sambal pecel Madiun, terdapat perasan air jeruk nipis lainnya. Pecel Madiun juga dikenal dengan bahannya yang lengkap, di antaranya berbagai jenis sayur mayur dan lauk pauk lainnya. Kuah khas dan bahan yang lengkap menjadi keunggulan dari Pecel Madiun. Sayuran rebus yang ditemani pecel madiun antara lain kacang panjang, bunga turi, tauge, kenikir, bayam, daun singkong, dan daun pepaya. Selain itu biasanya ada bahan lain seperti petit cina, irisan kemangi dan ketimun. Lauk pauk yang dimakan dengan pecel madiun antara lain kacang eh, tahu, telor goreng, telor goreng, telor asin, empal dagimg, ati g, dll.

Banyaknya lauk pauk seringkali membingungkan penonton dalam menentukan pilihan. Segala macam lauk pauk yang disediakan penjualnya bisa dicicipi dengan Pecel Madiun dan rasanya enak. Selain di Madiun, Pecel Madiun bisa ditemukan di banyak tempat di Jawa Timur. Penjual biasanya memberikan informasi tentang toko atau lokasi transaksi. Pecel Madiun yang tersebar di berbagai tempat tidak selalu lengkap. Komponen pecel Madiun ini sangat dipengaruhi oleh penjualnya. Namun yang pasti setiap pecel madiun selalu ditemani renyah kacang.

Makanan dan Minuman Khas Dari Madiun

2. Bluder


Bagi yang berkunjung atau hanya melewati kawasan Madiun Jawa Timur, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi roti Bluder yang sudah matang (adonan kue ringan khas daerah setempat). Konon roti jenis ini sudah ada sejak zaman perjuangan kemerdekaan yang dibawa oleh bangsa Eropa, dan menjadi sajian wajib tentara Belanda pada masa penjajahan Indonesia. Namun mengapa roti jenis ini menjadi hidangan istimewa di daerah Medien? Sejauh ini belum ada literasi atau penelitian yang menjelaskan hal tersebut.

Perkembangan blue bread pun semakin banyak varian dan modelnya.Salah satu perusahaan blue bread tertua Medien, Cokro, telah membuat beragam varian rasa dengan menambahkan berbagai bahan di dalam rotinya, seperti keju dan cokelat. Tunggu. Atau asli tanpa isian. Sejak berdiri pada tahun 1989, Bluder Cokro berkembang pesat, hal ini mungkin karena lokasi Bluder Cokro di Medien telah menjadikannya sebagai bartender makanan khas daerah setempat.

Roti bluder merupakan jenis roti dengan tekstur seperti piramida, namun tidak tajam, sangat lembut, dan agak berminyak. Bentuk roti Bluder sangat sederhana dan praktis, namun rasanya sangat lembut sehingga enak disantap dengan kopi atau coklat. Roti Bluder merupakan perpaduan adonan roti dan cake sehingga teksturnya lembut dan halus.Warna roti Bluder coklat diperoleh dengan menggunakan lebih banyak kuning telur dibandingkan jenis roti lainnya.

Harga roti jenis ini saat ini berkisar antara 25.000 hingga 35.000 rupiah per kotak dan berisi 10 hingga 15 biji, yang artinya setiap kemasannya terjangkau oleh wisatawan. Sri Mastuti, warga Malang, mengaku setiap berkunjung ke Madiun selalu membawa roti sebagai oleh-oleh karena sudah menjadi makanan khas daerahnya.

3. Brem


Brem adalah makanan tradisional berupa kue yang terbuat dari sari beras ketan. Jenis makanan ini berbentuk kotak, agak putih kekuningan, dan memiliki rasa yang sangat unik. Inilah makanan khas daerah Madiun Jawa Timur yang sangat terkenal. Rasanya yang unik membuat jenis makanan ini sangat populer di kalangan penduduk lokal dan turis yang datang ke sini untuk berwisata.

Ini adalah profesi yang sangat unik. Ciri khas dari makanan ini adalah teksturnya yang padat dan kering, namun pada saat kita memakannya mudah robek di mulut. Selain itu, rasa manis dengan rasa asam yang khas tentunya membuat makanan ini memiliki cita rasa tersendiri.

Proses pengolahan Brem sangat rumit, karena perlu diproses dalam beberapa tahap, sehingga dibutuhkan kerja keras dalam proses pembuatannya. Pertama, masak ketan hingga matang. Setelah itu didinginkan dengan aerasi, kemudian ditempelkan ragi tape, dan diamkan selama beberapa hari hingga menjadi lakban. Setelah menjadi lakban, gunakan alat khusus untuk memeras air atau sarinya, lalu masak kembali sari selotip tersebut hingga memiliki rasa atau aroma buatan bila diaduk rata. Setelah matang dibentuk menggunakan cetakan besar kemudian didinginkan menjadi brem. Pada tahap akhir, Brem dipotong-potong dan dikemas.

Makanan ini didominasi oleh rasa manis dan sedikit asam yang sangat unik. Selain itu, Brem memiliki keunikan yaitu walaupun merupakan makanan kering, saat kita memakannya akan terasa lumer di mulut dan meninggalkan rasa dingin di lidah kita. Dengan cara ini, Anda akan membuat diri Anda merasa ketika Anda menikmati jenis makanan ini.

Brem adalah salah satu makanan khas Madiun yang paling terkenal di Jawa Timur. Makanan di sana mudah ditemukan. Salah satu sentra industri Brem adalah Desa Kaliabu di Kecamatan Mejayan, Kabupaten Medien, Jawa Timur. Bagi yang berkunjung atau berwisata ke Madiun dan ingin mencicipi makanan sejenis ini bisa langsung ke sentra produksi Brem. Selain itu, Anda juga bisa menemukannya di toko oleh-oleh yang ada di kawasan Madiun. Biasanya brem jenis ini dibuat dengan berbagai macam rasa, seperti rasa buah, rasa coklat, dan lain-lain, jadi bisa dipilih sesuai selera.

4. Kue manco


Jajanan khas Madiun yang terbuat dari beras ketan ini merupakan peninggalan nenek moyang yang penuh mitos. Pasalnya, hanya manco buatan Desa Tambak Mas di Jalan Kebonsari, Kabupaten Madiun yang bisa digigit berlubang. Mitosnya, jajanan ini hanya bisa diproduksi di daerah manapun selain tempat asalnya.

Sekaligus cara membuatnya sangat sederhana. Tepung ketang yang sudah diaduk menjadi donat dengan air direbus dan dikeringkan. Setelah dipotong menjadi segitiga kecil, goreng kue hingga berbusa. Setelah digoreng, campur manco asli dengan cairan gula merah, dan terakhir aduk dengan campuran penyedap rasa. Selain nasi ketan dan rasa nasi, di sini juga ditawarkan kue manco rasa kacang.

5. Madumongso


Jika menyebut jajanan tradisional Jawa satu per satu, ada banyak hal yang patut disebutkan, salah satunya madu Monceau, atau bisa juga dikaitkan dengan Madumceau. Madumongso biasanya dibuat saat ada perayaan (seperti pernikahan, hari raya, dll). Wikipedia melaporkan bahwa madu manso adalah camilan manis yang dibuat dari beras ketan hitam yang difermentasi dan kemudian dimasak dengan gula. Makanan khas jawa ini harus dimasak lama hingga menjadi tahu atau bubur.

Sebagai ciri khas yang berbeda dengan makanan tradisional lainnya, madu mongso biasanya dikemas dalam plastik dan kertas berwarna. Madu manso berasal dari kata “honey” dan “mongso”, yang berarti “madu” adalah cairan manis dari tumbuhan, dan “mongso” artinya makanan. Mongso juga bisa diturunkan dari akad “rumongso” yang artinya berpikir atau mempertimbangkan, sehingga dapat dikatakan bahwa madu mongso merupakan makanan yang dianggap mirip dengan madu.

Dapat disimpulkan bahwa Madonnaso merupakan makanan yang manis manis seperti madu. Madumongso diyakini sudah ada sejak jaman kerajaan Mataram Kuno. Madumongso dan jenang merupakan makanan khas yang hanya bisa dinikmati oleh raja-raja zaman itu, karena beras ketan masih mahal dan sulit dibeli saat itu.

Madumongso dapat dinikmati oleh masyarakat umum dalam proses perkembangannya dan telah menjadi jajanan tradisional yang sering muncul di setiap hajatan. Meski mungkin tidak sepopuler kue kering masa kini, Anda tak boleh melupakan salah satu kuliner tradisi nusantara.

6. Kue Semprong


Sedikit orang yang tahu kalau kue Semprong merupakan jajanan yang dibuat dengan memadukan masakan Indonesia dan Eropa. Menurut penelitian sejarah, semprong sangat mirip dengan krumkake.Krumkake adalah jajanan khas Skandinavia yang dibawa oleh Portugis dan Belanda ketika mereka datang ke nusantara.

Penampilan, corak cetakan dan cara pembuatan senprong memang mirip dengan krumkake. Namun bahan dasar pembuatan rerumputan cukup berbeda, karena telah dimodifikasi untuk menyesuaikan dengan bahan dasar yang terdapat di nusantara dan juga disesuaikan dengan lidah penduduk setempat. Jika krumkake menggunakan tepung terigu, mentega susu dan shortening, krim susu, gula pasir, vanilla dan kapulaga (kapulaga), maka semprong dibuat dari tepung yang biasa digunakan secara lokal.

Baca Juga : 8 Makanan Bersantan Khas Dari Indonesia

Sarana umum semprong adalah bihun, telur, gula, santan, dan kayu manis. Karena rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah, semprong menjadi salah satu jajanan kering terpopuler di Indonesia. Sampai saat ini semprong masih ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, dan memiliki nama yang unik. Dari redaman (Sunda), roti gulung (Lamongan), kue seupet (Aceh), kue sapik (Minang), gulungan juwada (Sumatera Selatan), kasippi (Sulawesi), curuti (Gorontalo), roti gulung (Minahasa) dan masih banyak lagi. Nama-nama tersebut mengacu pada bentuk kandang, biasanya berbentuk seperti tabung, meski ada varian bentuk lainnya, seperti membiarkannya berbentuk bulat mirip cetakan atau seperti kipas atau panekuk. Di Indonesia rasa semprong juga sangat kaya, karena bahan dasar tepung sangat beragam.

Selain tepung beras, tepung tapioka, umbi-umbian dan bahkan tepung sagu digunakan di banyak daerah. Beberapa menambahkan biji wijen atau kacang cincang untuk menambah rasa asin. Sampai saat ini kue semprong masih secara tradisional dibuat dari cetakan tangan besi yang bergagang panjang. Ada dua lapisan datar di ujungnya, lebarnya sekitar 20 cm, dengan beberapa pola terukir di atasnya. Saat mencetak adonan, pola akan menempel, membuat pola ukiran pada kue menjadi indah. Setelah cetakan panas, masukkan lagi sesendok adonan dan uleni menjadi dua lapisan. Setelah matang, keluarkan adonan dalam kondisi panas dan bentuk sesuai selera. Gesitlah saat membentuk pancake daun bawang, karena jika adonan sudah dingin maka pancake daun bawang tidak bisa dibentuk lagi. Meski pengaruh Eropa terlihat dalam setiap tutur katanya, di Indonesia cara melayani petani baru juga sangat beragam.

7. Mimosa Lemon


Minuman legendaris yang sudah ada sejak zaman dahulu ini memiliki rasa yang menyegarkan dan mirip dengan minuman sarita milik Anda yang sudah terkenal sejak zaman dahulu kala. Minuman khas Madiun ini terkenal sepanjang hari karena rasanya yang enak dan memiliki aroma yang sangat unik mirip dengan sarita Anda. Khas Madiun yang murah meriah ini memiliki lauk pauk seperti renyah kacang, renyah kacang, tahu, tempe kacang, telur asin, g dan paru goreng. Sampai menjadi tape.

Menurut penduduk setempat, sirup ini lebih nikmat jika disantap dengan es batu dengan biji selasih. Selain kecap, kecap juga menjadi salah satu jajanan ikonik Madiun. Jangan menyesal, jangan menyesal. Anda juga bisa memesan telur mata sapi. Nasi, sayuran, dan selai kacang adalah makanan yang terkenal. Jangan lupa sebarkan ES MIMOSA ini ke saudara-saudara kalian. Minuman ini sangat populer di Madiun dan Jawa Timur. Mimosa lemon. Kemudian potong menjadi segitiga kecil dan goreng hingga mengembang.

Mimosa ini rasanya sangat enak jika dicampur dengan biji selasih dan air es, dan harganya sangat murah, hanya Rp 12.500 di toko suvenir. Tidak perlu antri lama karena gudangnya besar. Kerabat yang bisa menyusun bisa mampir ke beberapa gudang memasak. Masih berisi manisan. Masalahnya, produksi akhir sirup mimosa yang mengandung rasa lemon pumpkin seringkali tidak mencukupi sehingga menyebabkan permintaan sirup tidak terpenuhi.

8. Keripik Tempe


Keistimewaan lain dari kota gadis ini adalah keripik kentang kacang eh. Makanan ini berbahan dasar tempe dan telah diwariskan dari generasi ke generasi puluhan tahun lalu. Keripik bean temp di sini memiliki banyak rasa, Anda bisa mencicipinya. Bagi yang berkunjung dan menghibur di Kota Madiun, jajanan ini bisa dijadikan alternatif oleh-oleh.